Pengertian
Mesin Diesel adalah motor bakar pembakaran dalam yang menggunakan panas kompresi untuk menciptakan penyalaan dan membakar bahan bakar yang telah diinjeksikan ke dalam ruang bakar. Dimana bahan bakar dinyalakan oleh suhu tinggi hasil kompresi dan bukan oleh alat berenergi lain seperti busi.
Sejarah
Mesin ini ditemukan pada tahun 1892 oleh Rudolf Diesel, yang menerima paten pada 23 Februari 1893. Diesel menginginkan sebuah mesin untuk dapat digunakan dengan berbagai macam bahan bakar termasuk debu batu bara. Dia mempertunjukkannya pada Exposition Universelle (Pameran Dunia) tahun 1900 dengan menggunakan minyak kacang (biodiesel). Kemudian diperbaiki dan disempurnakan oleh Charles F. Kettering.
Kelebihan mesin diesel :
- Konsumsi bahan bakar lebih hemat dibandingkan mesin bensin dengan cc mesin yang sama.
- Lebih tahan terhadap genangan air dan lumpur sehingga mesin diesel cocok buat para pengendara yang hobi berpetualang seperti medan off-road.
- Untuk keluaran tenaga yang sama, ukuran mesin diesel lebih besar dari pada mesin bensin karena konstruksi besar diperlukan supaya dapat bertahan dalam tekanan tinggi untuk pembakaran atau penyalaan. Dengan konstruksi yang besar tersebut penggemar modifikasi relatif mudah dan murah untuk meningkatkan tenaga dengan penambahan turbocharger tanpa terlalu memikirkan ketahanan komponen terhadap takanan yang tinggi. Apabila mesin bensin perlu perhitungan yang lebih cermat untuk modifikasi peningkatan tenaga karena pada umumnya komponen di dalamnya tidak mampu menahan tekanan tinggi dan menjadikan mesin diesel kandidat untuk modifikasi mesin dengan biaya murah.
- Penambahan turbo charger atau supercharger ke mesin bertujuan meningkatkan jumlah udara yang masuk dalam ruang bakar dengan demikian pada saat kompresi akan menghasilkan tekanan yang tinggi dan pada saat penyalaan atau pembakaran akan menghasilkan tenaga yang besar. Penambahan turbocharger atau supercharger pada mesin diesel tidak berpengaruh besar terhadap pemakaian bahan bakar karena bahan bakar disuntikan secara langsung ke ruang bakar pada saat ruang bakar dalam keadaan kompresi tertinggi untuk memicu penyalaan agar terjadi proses pembakaran. Sedangkan penambahan turbocharger atau supercharger pada mesin bensin sangat memengaruhi pemakaian bahan bakar karena udara dan bahan bakar dicampur dengan komposisi yang tepat sebelum masuk ruang bakar, baik untuk mesin bensin dengan sistem karburator maupun sistem injeksi.
- Daya tahan mesin diesel umumnya 2 kali lebih lama dari pada mesin bensin karena suku cadang motor diesel lebih kuat dibanding motor bensin
- Suara yang berisik juga pada bobot dan dimensi yang 2x lebih berat & besar dari mesin bensin, dikarenakan komponen mesin diesel yang di design kuat untuk menahan kompresi tinggi, begitu juga akselerasi yang lemot namun bisa di perbaiki melalui penambahan Turbo/ Supercharger.
- Dalam hal akselerasi, mesin diesel kalah dibandingkan dengan mesin bensin.
- Pada mesin diesel tipe lama/ konvensional masih lebih sukar dihidupkan saat pagi hari/ saat mesin masih dingin, karena ini mesin diesel tipe lama masih memerlukan bantuan busi pemanas.
No comments:
Post a Comment